February 4, 2025

Fasilitas yang Wajib Ada di Kantor untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja karyawan adalah hadirnya lingkungan kerja yang suportif. Lingkungan kerja yang memberikan kesimbangan antara pekerjaan dan kesejahteraan hidup karyawan akan memberikan motivasi untuk lebih giat dalam bekerja. Beberapa tahun belakangan ini, prinsip work life balance juga dipegang teguh oleh para karyawan, khususnya generasi Z. 

Sebagai upaya menciptakan lingkungan kerja yang suportif untuk menjalankan prinsip work life balance, fasilitas kantor yang disediakan perlu dipertimbangkan. Penting untuk memastikan apakah fasilitas kantor yang disediakan di kantor berpengaruh dalam kesejahteraan para karyawan atau tidak. Setiap fasilitas yang tersedia di Telkom Landmark Tower hadir untuk mendukung keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. Berikut ini beberapa fasilitas yang wajib ada di kantor untuk tingkatkan kinerja karyawan, simak yuk!


1. Ruang Kerja yang Nyaman

Fasilitas utama yang wajib ada di kantor untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah hadirnya ruang kerja yang nyaman. Ruang kerja harus dirancang untuk mendukung produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan karyawan. Kenyamanan dapat dirasakan jika ruang kerja memiliki kursi dan meja yang mendukung postur tubuh tetap ideal, memiliki pencahayaan yang baik, sirkulasi udara yang baik, dekorasi yang mendukung kreativitas dan inspirasi, hingga memiliki fasilitas internet yang cepat. 

Sebagai upaya menciptakan ruang kerja yang nyaman, Telkom Landmark Tower merancang setiap ruang kerja yang ada di gedungnya memenuhi aspek-aspek tersebut. Bukan hanya itu, smart building ini juga menghadirkan coworking space Connext untuk menghadirkan suasana kerja yang baru.


2. Food Court atau Kantin

Adanya food court atau kantin di gedung kantor juga jadi fasilitas yang wajib ada untuk meningkatkan kenyamanan karyawan. Dengan adanya food court atau kantin, karyawan tidak perlu menghabiskan waktu mencari makanan di luar kantor sehingga waktu untuk istirahat atau bekerja menjadi lebih banyak. Fasilitas ini juga mendukung karyawan untuk makan secara teratur, terlebih saat jadwal kerja sedang padat. Hadirnya kantin atau food court menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan kenyamanan karyawannya, contohnya di Telkom Landmark Tower yang menghadirkan Indifoodcourt yang areanya nyaman dengan beragam pilihan makanan dan minuman.


3. Fasilitas Kebugaran

Sebagai upaya menghadirkan kesejahteraan  para karyawan, fasilitas kebugaran juga jadi salah satu fasilitas yang wajib ada di kantor. Fasilitas seperti gym, ruang olahraga, ataupun adanya klub olahraga khusus karyawan merupakan salah satu cara perusahaan mendukung kesehatan fisik dan mental para karyawannya. Hadirnya fasilitas kebugaran di kantor juga memudahkan karyawan untuk menjaga rutinitas olahraga karena lokasi yang dekat dan dapat disesuaikan dengan jam kerja. 

Employee Corner yang ada di Telkom Landmark Tower dirancang untuk mendukung kesejahteraan karyawan dengan adanya fasilitas kebugaran seperti gym lengkap dengan personal trainer, ruang yoga, tenis meja, hingga adanya kursi pijat yang dapat dimanfaatkan para karyawan untuk menjaga kebugaran tubuh.


4. Area Hiburan

Area hiburan seperti karaoke di kantor merupakan fasilitas yang dapat memberikan dampak positif pada suasana kerja. Selain menjadi sumber hiburan, fasilitas ini juga membantu mendukung produktivitas karyawan, menjaga hubungan antar karyawan, hingga meningkatkan semangat kerja. 

Adanya area hiburan di kantor membuat karyawan tidak perlu pergi ke luar untuk mencari hiburan sehingga waktu istirahat dapat dimanfaatkan lebih optimal. Telkom Landmark Tower menghadirkan Telkom Music Corner, permainan billiard, hingga push ball sebagai sarana hiburan setelah penat bekerja.


5. Daycare 

Salah satu fasilitas yang wajib ada namun belum banyak ditemukan di kantor-kantor adalah daycare atau tempat penitipan anak. Fasilitas ini sangat membantu dalam menyeimbangkan kehidupan karyawan yang juga menjadi orang tua. Daycare merupakan fasilitas yang memberikan solusi bagi karyawan yang memiliki anak kecil. 

Adanya fasilitas ini dapat meningkatkan motivasi kerja hingga mengurangi rasa khawatir karyawan yang meninggalkan anaknya saat bekerja. Telkom Landmark Tower juga menyediakan Telkom Daycare untuk para karyawan yang memiliki anak kecil agar tetap fokus dan tidak merasa khawatir meninggalkan anaknya saat bekerja.


Fasilitas yang ada di kantor harus mendukung kesejahteraan para karyawan agar prinsip work life balance dapat benar-benar diterapkan. Lingkungan kerja yang sehat adalah lingkungan yang mendukung kesejahteraan karyawan di samping tuntutan pekerjaannya. Dengan mendukung kesejahteraan karyawan, hubungan yang saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan akan terbangun hingga akhirnya menciptakan profesionalisme dan loyalitas. 

Comments