February 18, 2025

Penting Namun Kurang Disadari, Ini Manfaat In House Clinic di Kantor

In house clinic merupakan fasilitas layanan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan di area kantor untuk memberikan pelayanan medis kepada karyawan. Layaknya klinik biasa, klinik kantor juga dilengkapi dengan tenaga medis seperti dokter, perawat, atau paramedis serta fasilitas dasar untuk pemeriksaan kesehatan dan penanganan medis ringan.

Keberadaan in house clinic di kantor seringkali disepelekan, bahkan tak sedikit karyawan yang tidak mengetahui lokasi unit kesehatan di kantornya. Adanya in house clinic menjadi salah satu fasilitas yang penting dan menunjukan kepedulian perusahaan kepada para karyawannya. Klinik ini dirancang menjadi unit pertolongan pertama jika terjadi sesuatu pada karyawan.

Bukan hanya sebagai unit kesehatan di gedung, hadirnya in house clinic juga memberikan kepedulian pada karyawan agar tetap sehat dan bisa bekerja dengan baik. Kesejahteraan karyawan jadi nomor satu di Telkom Landmark Tower sehingga smart building ini menyediakan in house clinic sebagai tanggung jawab untuk menjaga kondisi karyawan tetap sehat. Yuk simak pentingnya in house clinic di kantor, bukan sekadar fasilitas biasa!

1.  Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Karyawan

Sebagai bentuk kepedulian perusahaan, adanya in house clinic bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Jika karyawan jatuh sakit dan tidak bisa menjalankan tugasnya di kantor seperti biasa, maka perusahaan juga akan terkena imbasnya, bukan?

Adanya in house clinic di kantor memudahkan karyawan mendapat layanan medis seperti pemeriksaan kesehatan rutin, konsultasi dokter, dan pengobatan ringan. Hal ini membantu dalam pencegahan penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan karyawan secara keseluruhan.

2. Menghemat Waktu Perjalanan ke Rumah Sakit

Salah satu manfaat adanya in house clinic di area kantor adalah efisiensi waktu. Perjalanan menuju klinik atau rumah sakit yang membutuhkan waktu bisa terpangkas jika ada fasilitas kesehatan di kantor. Dengan ini, karyawan tidak perlu meninggalkan kantor untuk mencari pelayanan kesehatan di luar jika merasa sakit atau ada masalah kesehatan. Dengan perawatan medis yang cepat dan mudah diakses, waktu yang biasanya digunakan untuk izin berobat dapat dikurangi sehingga produktivitas tetap terjaga. Efisiensi waktu dengan adanya klinik ini bukan hanya memudahkan karyawan saja karena tidak perlu pergi dan mengantri ke rumah sakit lain, tetapi produktivitas karyawan juga tidak akan tertunda lebih lama.

3. Menangani Keadaan Darurat dengan Cepat

Keadaan darurat bisa saja terjadi dimanapun dan kapanpun, termasuk di tempat kerja. Hal ini yang perlu jadi pertimbangan mengapa in house clinic penting untuk disediakan di area kantor. Adanya in house clinic dapat menjadi solusi yang memungkinkan penanganan pertama terhadap kondisi medis darurat seperti cedera ringan, pingsan, atau tekanan darah tinggi. Tersedianya tenaga medis di tempat kerja, pertolongan pertama dapat diberikan sebelum karyawan dirujuk ke rumah sakit jika diperlukan. Langkah ini juga mencegah adanya keterlambatan tindakan karena lamanya perjalanan menuju rumah sakit terdekat.

4. Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Karyawan

Bukan hanya sekadar fasilitas biasa, adanya in house clinic di perusahaan juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Fasilitas kesehatan di tempat kerja menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap kesejahteraan karyawan. Bukan hanya itu, pemeriksaan kesehatan juga lebih mudah dijangkau karena biasanya layanan medis dapat diakses secara gratis atau dengan biaya yang lebih terjangkau. 

Dengan berbagai kemudahan yang dapat diakses, kinerja yang dihasilkan juga menjadi lebih baik sehingga karyawan menjadi lebih produktif. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap karyawannya, Telkom Landmark Tower menyediakan TelkoMedika Health Center yang melayani selama 24 jam penuh. In house clinic ini bukan sekadar fasilitas biasa, namun jadi bentuk kepedulian kantor terhadap kesejahteraan karyawan. 

Comments